Berbagai Jenis Colocation Server Yang Bisa Anda Gunakan

Ada beberapa jenis dari colocation server, namun sebelum kita mengetahui jenis-jenisnya akan lebih baik jika kita memahami dulu apa itu colocatin server. Jadi, colocation adalah tempat atau rack untuk menempatkan atau meletakkan server dalam sebuah data center. Nah, biasanya data center ini merupakan data center milik third party yang tidak dikelola sendiri. Colocation juga dapat berarti mempercayakan keamanan server dan juga dapat mendukung satu/beberapa perangkat keras server pada pusat data pihak ketiga. Jadi, pada dasarnya, colocation ini menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengurus pemeliharaan semua sistem dan perangkat keras server.

Keuntungannya apa kalau pakai ini?

Keuntungannya, Anda dapat lebih cepat menerima report atau laporan kerusakan sedini mungkin, sehingga dapat segera menyiapkan rencana cadangan atau hardware pengganti untuk server yang rusak. Sehingga dampaknya terhadap kemungkinan down time juga semakin kecil.

Jenis-jenis colocation bermacam-macam, mulai dari Per U, Half Rack, serta Full Rack. Jenis colocation ini juga memiliki dua model model penyimpanan server, yaitu dalam rack maupun kabinet. Pemilihan model rack ini biasanya juga disesuaikan dengan kebutuhan user penyewa. Ada yang kebutuhannya menggunakan rack sudah cukup, namun untuk keamanan yang lebih terjaga, banyak user yang lebih menyukai model penyimpanan dalam kabinet. Pemilihan jenis colocation ini juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing user. User yang memiliki banyak perangkat server yang harus disimpan, tentu lebih baik menggunakan layanan jenis full rack. Begitu juga dengan user yang hanya memiliki kebutuhan sedikit server, tentu lebih baik menggunakan Per U agar lebih efisien dan sesuai budget.

Banyak penyedia layanan cloud dan colocation yang memberikan harga colocation murah. Namun harga yang murah belum tentu jaminan kualitas yang baik. Tentu Anda lebih memilih data Anda aman dan minim resiko bencana daripada murah namun keamanannya belum terjamin kan? Namun belum tentu juga harga murah namun kualitasnya dibawah rata-rata. Pastikan sebelum mempercayakan kebutuhan TI Anda kepada third party, Anda benar-benar sudah memahami layanan dan kualitas yang diberikan oleh pihak third party tersebut. Third party yang baik selain memiliki layanan support selama 24/7 tentu juga memiliki layanan colocation dengan layanan terkelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *